Panduan Lengkap Mendaki Gunang Merbabu Ketika Musim Hujan
Wisata

Panduan Lengkap Mendaki Gunung Merbabu Ketika Musim Hujan

Memang tidak bisa di pungkiri, sejatinya Merbabu adalah salah satu gunung terbaik di Jawa Tengah yang populer berkat keindahan padang sabananya. Ada yang belum tahu apa itu padang sabana? Artinya adalah padang rumput yang menutupi lahan terbuka dengan di selingi oleh pepohonan dan semak belukar.

Gunung Merbabu memiliki padang sabana yang luas, sehingga menghadirkan suasana Afrika dengan keliaran padang rumput dan aneka satwa di dalamnya. Dongeng tersebut lah yang kerap kali mendatangkan banyak pendaki dari seluruh penjuru nusantara demi membuktikannya langsung.

Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya padang sabana di Gunung Merbabu adalah saat musim penghujan tiba, dimana rerumputan dan pepohonan tumbuh menghijau. Terasa sejuk, tenang bersama alam yang jauh dari polusi udara. Lantas amankah mendaki gunung saat musim hujan?

Menurut beberapa sumber, mendaki saat musim penghujan memang memiliki resiko lebih besar daripada mendaki di musim kemarau. Namun jangan khawatir, karena saya siap memberikan panduan lengkap mendaki Gunung Merbabu saat musim hujan. Simak baik-baik, ya!

1. Lihat Kondisi Cuaca

Gunung Merbabu adalah gunung dengan lahan terbuka yang tidak banyak di tumbuhi pepohonan rimbun. Nah oleh sebab itu, disarankan untuk tidak mendaki saat hujan deras tiba, karena ada banyak hal buruk yang bisa saja terjadi, seperti terkena sambaran petir, tanah longsor, tergelincir, dan tertimpa pohon tumbang. Jika sudah terlanjur berada di jalur pendakian, alangkah baiknya untuk berteduh terlebih dahulu.

2. Wajib Membawa Mantel

Selain membawa bahan logistik, ketika mendaki juga harus memperhatikan perlengkapan safety ya. Misalnya saja mantel, supaya kamu terhindar dari ancaman hipotermia karena harus basah-basahan terkena air hujan. Selain tubuh, tas carrier juga jangan lupa untuk dilindungi dengan mantel tas.

Sebab, hampir semua perlengkapan mendaki berada di dalam tas. Disarankan menggunakan double safety pada tas, manfaatkanlah trash bag untuk melindungi barang bawaan supaya tidak basah.

Caranya dengan membuka trash bag di dalam tas, kemudian masukkan semua perlengkapan mendaki, setelah itu ikat dengan erat. Jadi, meski tas kamu basah terkena hujan, barang bawaan akan tetap aman.

3. Gunakan Sandal Gunung

Medan yang akan di lalui saati musim penghujan pasti akan jauh lebih berat. Kamu bisa saja menggunakan sepatu gunung, namun rembasan air dalam sepatu akan membuat langkah kaki semakin berat, belum lagi lumpur yang menempel di permukaan sepatu. Pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan sandal gunung. Kenapa harus sandal gunung? Karena sandal ini sudah di desain sedemikian rupa untuk menghadapi segala medan yang ada di jalur pendakian.

4. Jaga Jarak Antar Pendaki

Kabut yang di hasilkan ketika musim hujan jauh lebih pekat, tentu itu akan membuat jarak pandang hanya beberapa meter saja. Jadi, selain kamu harus memperhatikan kanan kirimu, perhatikan juga rekan pendaki lainnya.

Jangan pernah meninggalkan temanmu saat mendaki, karena mendaki gunung adalah perjalanan membentuk kerjasama tim yang solid. Iya, saya rasa sudah cukup kita mendengar berita duka tentang pendaki yang meninggal karena di tinggal oleh rombongan pendaki lainnya.

Itulah 4 panduan lengkap mendaki Gunung Merbabu ketika musim penghujan. Nah bagaimana, sudah tidak sabar untuk berkemas dan berangkat? Pastikan selalu utamakan keselamatan ya, supaya petualanganmu aman dan menyenangkan.