Panduan dan Aturan Menulis Artikel yang Baik
Dunia Menulis

Panduan dan Aturan Menulis Artikel yang Baik

Pembaca tidak tahu bahwa aturan menulis artikel secara berkualitas adalah alasan mereka membaca suatu artikel. Pembaca hanya ingin bahwa ketika membaca judul saja mereka akan bisa memprediksi bahasan artikel tersebut.

Semakin berkembangnya teknologi dalam mesin pencarian seperti Google, maka SEO bekerja semakin baik dalam membantu pengguna internet. Pencarian SEO sekarang sudah menyesuaikan dengan kemauan manusia. Sehingga jika Anda ingin membuat artikel dengan baik bergantung pada keyword saja bukan eranya lagi. Mulai sekarang biasakan dan ikuti aturan menulis artikel secara berkualitas.

Pentingnya Menulis Konten Bermutu

Era sekarang, memang orang semakin mudah membuat perubahan terlebih melalui social media. Termasuk menulis artikel, saat ini setiap orang akun social media bisa jadi penulis tanpa menegerti aturan menulis artikel lalu membagikannya secara bebas.

Artikel bisa dikatakan baik jika konteks atau bahasan tulisannya berbobot. Artinya ada manfaat atau tujuan tulisan tersebut bagi orang yang membaca. Dalam hal ini sebenarnya untuk membuat tulisan dengan konten bagus sudah cukup mudah.

Namun, ada faktor penting lain dalam membuat tulisan bermutu seperti penyedia rekomendasi jasa penulis artikel ialah kemampuan menulis atau teknik sang penulis. Ini termasuk pembeda paling jelas antara penulis hebat dengan para pemula. Sering artikel yang ditulis dengan kemampuan minim kurang memberi dampak bagi pembaca. Sedangkan penulis dengan teknik tinggi akan mampu mempengaruhi pembaca melalui tulisannya bahkan banyak dikagumi dan diikuti.

Panduan untuk Menghasilkan Artikel Bermutu

Selain punya kemampuan menulis atau teknik menulis yang tinggi, harus ada aturan menulis artikel untuk diikuti supaya tulisan kita tidak sia-sia. Berikut beberapa panduan agar tulisan Anda lebih bagus:

1. Buat pengantar singkat

Berdasarkan sudut pandang pembaca, tentu kita ingin langsung tahu apa inti tulisan tersebut. Sehingga jika Anda menulis dengan pengantar atau pembuka yang terlalu panjang, maka hal ini akan membuat pembaca bosan dan malas. Jangan persulit mereka masuk pada inti pembahasan, oleh karena itu usahakan membuat pengantar sesingkat mungkin.

Namun, perhatikan juga bahwa pembukaan Anda jangan terlalu kosong. Buat pembaca untuk lebih penasaran saat masih membaca paragraph pertama. Sedikit kalimat tadi usahakan memberi pembaca harapan bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu nanti.

2. Susun setiap paragraph maupun kalimat secara singkat

Orang memang lebih mudah bosan jika tulisan tersusun atas paragraph-paragraf panjang. Semakin banyak baris dalam satu paragraph orang langsung kurang tertarik karena rasanya terlalu berat dan sulit. Sementara kalimat maupun paragraph pendek kelihatannya lebih enak dilihat serta lebih mudah dibaca.

Berikan spasi tiap paragraph supaya pembaca terus lanjut dan semakin penasaran membaca hingga kebawah. Jangan lupa juga untuk memberikan pemisah antar ide. Hal ini memudahkan pembaca memahami isi seluruh artikel. Perhatikan bahwa pendek bukan berarti tidak ada isinya. Disinilah teknik menulis maupun kreativitas Anda.

3. Tulis artikel secara jelas dan singkat

Meskipun pada aturan menulis artikel sebelumnya dijelaskan bahwa kalimat pendek bisa menarik minat pembaca tapi jangan lupa kualitasnya. Jika saat menulis, ada kalimat dengan isi tidak penting maka tidak usah ditulis. Tulis maksud Anda langsung pada intinya sehingga meskipun singkat artikel terseut tetap bermutu.

4. Berceritalah melalui tulisan anda

Kebutuhan manusia akan bersosialisasi membuat kita sangat menyukai cerita, baik saat berbicara langsung atau melalui tulisan. Maka masukkan dalam tulisan Anda cerita bisa berupa kejadian berkesan atau pengalaman menarik.

Mengawali tulisan dengan cerita bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian pemabca. Selain tiu untuk mempermudah pemahaman maksud gunakan juga cerita sebagai analogi atau ilustrasi. Melalui cara ini, Anda sebagai penulis bisa lebih menekankan bagaimana pentingnya poin yang disampaikan sehingga akan jauh lebih berkesan.

Selain menuruti aturan diatas, kita juga harus melatihnya terus-menerus. Tidak ada ceritanya ahli menulis tanpa belajar dan berlatih. Membuat artikel bisa bermutu maka jangan pernah berhenti memperbaiki diri, dalam hal ini teknik maupun aturan menulis artikel.