Mikel Arteta dan Winger Chelsea Callum Hudson Odoi si “duo liga inggris” ini sembuh dari Corona
Sepak Bola

Mikel Arteta dan Winger Chelsea Callum Hudson Odoi si “duo liga inggris” ini sembuh dari Corona

Mikel Arteta menyatakan dirinya positif sembuh atau pulih penuh dari virus Corona setelah terkonfirmasi positif terdiagnosa COVID-19 (nama lain dari Corona) pada awal Maret lalu. Kemudian ia langsung menjalani isolasi mandiri di rumahnya berdasarkan arahan dari Arsenal, hal ini juga berlaku untuk anggota skuad dan staf pelatih mereka.

Karena hal itu, Arsenal melakukan aksi untuk memendung Corona kepada timnya dengan menutup kamp pelatihan. Sebelumnya Arteta melakukan kontak fisik dengan presiden Olympiakos Evangelos Marinakis dan dinyatakan positif virus ini bersama Arteta selama pertandingan Arsenal di Liga Europa tempo lalu.

Arteta mengatakan telah menjalani tes semacam “PDP (pasien dalam pengawasan)” kalau di Indonesia namanya pada rabu 11 Maret dan besoknya di nyatakan positif Corona. Hal ini juga berdampak di tundanya pertandingan Arsenal melawan Manchester City untuk mengantisipasi penyebaran virus dan tidak membahayakan skuad kedua tim ini sekaligus.

Arteta mengatakan butuh tiga atau empat hari untuk merasa jauh lebih baik dan lebih berenergi lagi agar gejalanya hilang serta kembali menjalani rutinitasnya sebagai pelatih. Sementara itu kamp pelatihan Arsenal di buka kembali namun belum difungsikan mengikuti kabar bahwa Arteta telah sembuh dari virus yang berasal dari Wuhan,Cina tersebut.

Kabar selanjutnya datang dari jajaran yang sama di Premier League yaitu Callum Hudson Odoi termasuk ke dalam jajaran sebagai pesepakbola liga primer Inggris pertama yang terdiagnosa Corona. Chelsea mengumumkan bahwa Odoi menunjukan gejala yang mirip degan pilek dan dinyatakan positif pada 13 Maret lalu, lantas Odoi langsung menjalani isolasi mandiri.

Tak lama setelah itu Chelsea melakukan pembersihan secara intensif di pusat pelatihan klub di Cobham dan tetap membuka fasilitas klub untuk pekerjanya yang tidak sedang mengisolasi diri. Berita selanjutnya mengabarkan Chelsea telah mengkonfirmasi bahwa pemainnya Odoi sembuh dari Corona melalui akun Twitter dan situs webnya.

Tambahnya, winger berusia 19 tahun tersebut tetap menjalani latihan individu di rumahnya untuk membangun dan menjaga kebugarannya. Chelsea tidak menyatakan Odoi sembuh 100 persen dan menjamin Odoi sedang dalam perawatan tim medis.

Odoi telah terdaftar sebagai skuad Chelsea dan bersiap menjalani rutinitas latihannya kembali. Sebelum Chelsea melansir berita bahagia ini, beberapa hari sebelumnya Odoi sendiri pun secara resmi telah menklaim kesembuhannya melalui kicauan di Twitternya.

Melihat dua kasus Corona yang terjadi kepada Odoi dan Arteta. Pihak penyelenggara Liga Primer Inggris pun langsung tanggap dan mengadakan pertemuan. Hasil keputusannya yaitu menunda kompetisi ini hingga 3 April dan di perpanjang setidaknya sampai akhir April mendatang untuk membentengi penyebaran corona secara serius. Mengingat pandemik Corona di Inggris mencapai 6.650 kasus agar tidak memperparah keadaan.