Jalan Karier Bagus Kahfi ke Eropa
Sepak Bola

Jalan Karier Bagus Kahfi ke Eropa

Amiruddin Bagus Kahfi yang merupakan pemain unggulan Tim Nasional (Timnas) U-19 dan Barito Putera mendapat kesempatan untuk berkarier di Eropa. Klub asal Belanda yang bernama FC Utrecht hendak mengontraknya. Kepindahan Bagus Kahfi ini sempat melalui proses yang panjang dan rumit. Simak ulasannya di bawah ini.

Dukungan PSSI untuk Bagus Kahfi

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochammad Iriawan memberi dukungan penuh untuk Bagus Kahfi. Bahkan ia membantu penyerang Garuda Select ini untuk mendapat izin kepindahan dari Barito Putera. Mochammad iriawan secara pribadi bertemu dengan CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman di kediamannya.

Sebelum Iriawan ikut turun tangan, Barito Putera menolak transfer Bagus Kahfi ke Belanda. Barito Putera tidak kunjung mengeluarkan surat izin bagi Bagus Kahfi hingga melewati waktu yang telah diberikan oleh FC Utrecht, yaitu pada Jumat 27 November 2020.

Iriawan kemudian mengucapkan terima kasih kepada Barito Putera yang akhirnya mau melepas Bagus Kahfi untuk melebarkan sayap hingga ke Eropa. Ia mendukung Bagus Kahfi untuk berkarier di Belanda.

Ia juga berpesan pada saudara kembar dari Bagas Kaffa tersebut untuk tetap berjuang keras dalam sepak bola dan menyiapkan diri jika suatu saat mendapat panggilan untuk kembali ke Timnas U-19.

Kompensasi Barito Putera

Pihak Barito Putera melepas Bagus Kahfi ke Eropa tidak secara cuma-cuma. Proses transfer Bagus Kahfi ini harus melewati serangkaian negosisasi dan kesepakatan yang bersifat profesional antara Barito Putera dan FC Utrecht.

Barito Putera dikabarkan mendapatkan kompensasi atas kepindahan Bagus Kahfi. Namun, belum ada pernyataan resmi dari barito Putera terkait bentuk kompensasi tersebut.

Setelah ikhlas melepas salah satu pemain terbaiknya, CEO Barito Putera mengaku akan berkomitmen untuk terus mendukung Bagus Kahfi di Eropa. Kepindahan Bagus Kahfi ke Eropa tidak semata mata untuk mendukung perjuangan FC Utrecht, tetapi juga rehabilitasi dari cedera patah pergelangan kaki yang baru saja menimpanya saat bertanding melawan Reading U-18.

Ucapan Terimakasih Bagus Kahfi

Mimpi Bagus Kahfi untuk bisa bersepak bola di Eropa telah tercapai. Melalui instagram pribadinya, Bagus Kahfi mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada ketua umum PSSI dan CEO Barito Putera yang telah memberi restu baginya untuk meniti karier di luar negeri.

Pemain sepak bola berambut kribo tersebut juga berjanji akan mengabdikan diri pada Indonesia jika suatu saat kembali dipanggil oleh Timnas.

Di negeri kincir angin, Bagus Kahfi akan mendapat kontrak jangka pendek dimana ia hanya terikat kerja selama 18 bulan saja. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa Bagus Kahfi akan memperoleh gaji sebesar 400 juta per bulan. Kepindahan Bagus Kahfi diharapkan bisa membanggakan Indonesia ketika di Eropa dan ketika ia kembali lagi ke Indonesia.