Hal-Hal Penting Ketika Travelling Bersama Bayi
Lifestyle

Hal-Hal Penting Ketika Travelling Bersama Bayi

Travelling bersama bayi merupakan aktivitas yang membuat dilema bagi beberapa orang. Namun terkadang muncul kondisi yang tidak bisa dihindari dari aktivitas berpergian.

Sebagian orang akan menitipkan anaknya di tempat lain, sebagian juga nekad membawanya. Keduanya memunculkan resiko masing-masing, namun kenangan Bersama si buah hati tentu menjadi momen idaman bagi setiap orang tua.

Jika Anda ingin merasa nyaman dengan membawa si buah hati dan ingin momen tersebut dibersamai oleh buah hati, demikian hal-hal penting yang harus dicermati.
Usia berapa bayi bisa diajak traveling?

Penentuan usia bayi bisa diajak travelling nampaknya belum ada ketentuan khusus. Orang tua lebih mengerti kondisi bayinya. Bayi usia di bawah 2 minggu lebih rentan secara fisik untuk diajak bepergian.

Apalagi naik pesawat atau kendaraan umum lainnya. Badannya belum siap dengan perbedaan kondisi dan juga suara bising yang bisa mengganggu pendengarannya.

Travelling memang menjadi keinginan tiap orang, namun jangan sampai membahayakn bayi ya, Mom. Baiknya dalam hal ini dikonsultasikan dengan dokter.
Pilih akomodasi dan transportasi yang ramah untuk anak

Mungkin sebelum mempunyai momongan pertimbangan kita mencari transportasi adalah harga. Hal ini harus diubah dalam konsepsi orang tua. Pertimbangan utama untuk kondisi ini adalah transportasi yang ramah bagi anak. Setidaknya kita menghindari naik ojek, karena akan mengaggu kesehatan bayi.

Begitupun wilayah akomodasi, cari yang ramah bagi anak. Cari penginapan minimal yang bersih dan private bathroom. Sebab tidak mungkin kita mengantri saat hendak memandikan anak.

Traveling essentials

Banyak orang berpikiran bahwa bepergian bersama anak akan ribet. Samun ketika kita menyiapkannya dengan detail, setidaknya kita bisa meminimalisir kondisi yang tidak enak dan kita bisa menikmati suasana bersama-sama.

Beberapa hal yang bisa disiapkan sebelum bepergian bersama anak :

Baju bayi, meliputi : baju harian, piyama, jaket, kaos dalam, celana dalam, kaos kaki, topi, dan selimut. Perlengkapan ini bagus untuk menjaga perbedaan suhu yang dialami bayi.
Perlengkapan mandi, meliputi : sabun, shampoo, minyak telon, baby diaper cream, lotion, dan tisu. Jangan lupa sselalu bawa popok ganti dalam tas tenteng.

Jangan lupa obat-obatan, seperti minyak kayu putih, thrombopop, balsam, paracetamol, dan obat pribadi yang memang dibutuhkan.

Makanan dan snack. Dua komponen ini sangat penting untuk menjaga kebosanan bayi.

Bayi sehat dan ceria

Persiapan yang paling utama adalah menajaga kesehatan bayi dan menjamin bayi dalam keadaan sehat. Kalaupun tepat di hari akan pergi si bayi sakit, disarankan tidak dipaksakan dan mencari waktu lain. Sebab hal ini akan mengganggu perjalanan dan kesehatan bayi.

Disarankan untuk membuat jadwal perjalanan ringan. Jangan mengikuti kesenangan Anda jika memang si bayi tidak merasa nyaman.