Cara Menguasai Bola dengan Baik dan Tenang Saat Bermain
Sepak Bola

Cara Menguasai Bola dengan Baik dan Tenang Saat Bermain

Cara menguasai bola ketika bermain atau berlomba sepak bola memang penting untuk diketahui dan dipahami. Karena dalam permainan atau perlombaan, semua orang pasti ingin jadi pemenangnya, bukan?

Setiap kali bermain bola, pasti yang selalu kita pikirkan adalah bagaimana supaya bola bisa terus dalam penguasaan kita dan jangan sampai dikuasai lawan. Namun ternyata saat menguasai bola terkadang kita memiliki kekhawatiran tentang berbagai hal.

Takut tidak bisa menguasai bola atau bagaimana jika bola bisa direbut lawan. Nah, sobat bisa cari tahu tips untuk tetap tenang saat menguasai bola berikut ini.

1. Kontrol bola dengan baik

Cara menguasai bola yang pertama adalah meningkatkan kemampuan sobat untuk mengontrol bola. Meningkatkan kemampuan mengontrol bola di sini yaitu mengatur bola agar mengikuti setiap gerakan sobat, sehingga bola tetap dalam penguasaan.

Cobalah untuk melatih control bola dengan cara menggiring atau menendang bola ke arah tertentu yang sobat inginkan. Jika gerakan bola sesuai dengan maksud sobat, artinya kontrol bola sudah cukup baik. Jika kontrol bola tidak baik, sobat akan beresiko kehilangan bola.

2. Perhatikan posisi kawan

Perhatikan posisi kawan untuk memikirkan taktik memindahkan bola yang tepat. Memperhatikan posisi kawan bisa menjadi acuan mau dikemanakan bola itu setelah diterima dan memperkirakan langkah sobat selanjutnya.

Jangan sampai sobat tidak memiliki pandangan sasaran oper bola karena akan beresiko bola direbut lawan. Tidak memperhatikan posisi kawan juga beresiko oper bola keliru ke lawan karena salah perkiraan sebelumnya.

3. Perhatikan posisi lawan

Posisi lawan juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Dalam artikel cara menguasai bola ini, mengetahui posisi lawan berguna untuk menjaga jarak sehingga menghindari perlawanan langsung dan tekanan.

Terkadang lawan yang berusaha merebut bola tidak hanya satu orang. Maka dari itu sobat perlu memperkirakan arah pergerakan lawan dan berusaha menghindar lalu segera oper bola ke kawan.

4. Percaya diri dan hindari rasa takut

Ketika lawan menyerang, tetaplah percaya diri dan fokus pada cara agar bola tetap dalam penguasaan. Gunakan teknik-teknik yang sudah sobat ketahui untuk menghindari serangan lawan. Yakinlah pada kemampuan diri dan kerjasama tim.

5. Perbanyak latihan

Sobat perlu melatih ketenangan terus menerus. Berlatihlah mengatur pernafasan ketika bermain bola. Jangan panik karena ada tim di lapangan, jadi sobat tidak sendirian. Sobat bisa langsung oper bola ke kawan sebagai umpan jika dirasa sudah tidak bisa menguasai bola.

Oke sobat, itu dia cara menguasai bola yang bisa langsung dicoba dan dipraktikkan. Kuncinya adalah tetap fokus dan tenang, perbanyak latihan, dan kerjasama tim. Selamat mencoba!