Bagaimana Cara Membuat Artikel Unik dan Menarik pada Blog atau Website Anda
Dunia Menulis

Cara Membuat Artikel Unik dan Menarik pada Blog atau Website

Artikel unik, menarik, dan mudah dicerna oleh pembaca akan banyak dicari pengguna internet. Penggunaan bahasa yang ringan dan tidak berbelit memudahkan pembaca dalam memahami isi tulisan.

Selain itu pemilihan judul yang tepat akan membuat artikel semakin diminati oleh pembaca dan semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi web artikel anda. Lalu apa saja hal yang membuat artikel itu menarik dan membuat pembaca untuk kembali lagi berkunjung di web pribadi anda? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Carilah Topik Hangat atau Topik Lampau dan Banyak Dirindukan Pembaca

Pemilihan topik yang tepat dan hangat bagi pembaca akan membuat artikel anda semakin banyak dikunjungi oleh pembaca. Topik hangat yang dimaksudkan adalah topik yang sedang viral atau banyak dibicarakan oleh masyarakat.

Dengan memilih topik ini, akan banyak pengunjung yang membaca tulisan anda dan dapat membuat artikel anda berada pada laman pencarian tertinggi.

Selain pemilihan topik hangat, anda juga bisa menggunakan topik yang membuat pembaca kembali bernostalgia, seperti topik permainan pada zaman dahulu, perkembangan teknologi, dan masih banyak lagi topik lainnya yang identik dengan masa lampau, hal ini akan memancing kembali kenangan pembaca.

Gunakan Judul Unik dan Tidak Melenceng Jauh dari Topik

Dalam artikel, kalimat pertama yang dibaca adalah judul artikel. Selain harus ringkas dan padat, keunikan dari pemilihan judul akan membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel anda. Pilihan kata yang padat dan unik serta mudah dipahami membuat judul anda akan mudah diingat sehingga pembaca akan kembali lagi mengunjungi web artikel anda.

Hindari kalimat panjang dan bersifat deskripsi, gunakan kalimat ringkas dan tidak berbelit. Usahakan memilih kata yang mudah dipahami dan tidak asing atau sering didengar oleh pembaca. Dengan pemilihan kata yang ringkas, padat dan unik pada judul, artikel anda akan lebih mudah ditemukan di laman pencarian.

Isian Tidak Terlalu Luas (Fokus pada Judul)

Penggunaan kalimat yang tepat ketika menjabarkan maksud dari artikel harus diperhatikan. Hindari penggunaan kata sulit dipahami dan tidak ramah ditelinga pembaca. Penggunaan kata yang berulang juga akan membuat pembaca merasa bosan sehingga pembaca hanya sekilas melihat tulisan anda.

Rata-rata pembaca mengunjungi web artikel hanya sekitar 15 detik, jadi buatlah isi artikel anda seringkas mungkin namun dapat menjabarkan maksud dari topik yang anda angkat. Fokus pada judul dan jangan terlalu melebar.

Sebelum membuat artikel, susun dulu ide pokok yang akan anda sampaikan, buatlah peta konsep dari isian artikel anda, sehingga artikel akan fokus pada judul yang telah ditentukan.

Sertakan Gambar Menarik dan Menggambarkan Tulisan Anda

Salah satu cara agar artikel anda menarik adalah pemilihan gambar yang tepat dan dapat menjelaskan maksud dari tulisan anda. Melalui gambar biasanya pembaca lebih tertarik untuk mengunjungi web anda. Di laman pencarian google biasanya orang akan mencari gambar terlebih dahulu, baru mengunjungi web dari gambar tersebut.

Usahakan gambar pilihan anda dapat terlihat jelas dengan resolusi besar, sehingga ketika gambar dilihat, di zoom dan di download oleh pengguna internet tidak akan pecah atau blur. Hindari penggunaan gambar yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Adat-Istiadat), karena dapat menyebabkan pembaca merasa tidak nyaman dan bisa mengakibatkan artikel anda di blacklist.

Mudah bukan membuat artikel yang dapat menarik minat pembaca? Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan artikel adalah pemilihan kata dan kalimat yang jelas, ringkas, padat, juga mudah dimengerti oleh pembaca, sehingga artikel anda akan unik serta menarik, selain itu juga diminati oleh pembaca.

Jika anda kesulitan membuat artikel sesuai cara cara diatas, silahkan gunakan jasa artikel seo murah jogja sehingga dapat menghasilkan artikel yang berkualitas dan anda tidak perlu mengeluarkan tenaga serta pikiran untuk menulis artikel lagi.