Cara Membuat Artikel Ilmiah Mudah dan Menarik
Dunia Menulis

Cara Membuat Artikel Ilmiah Mudah dan Menarik

Setelah melakukan penelitian, hasil dari penelitian tersebut harus dituangkan dalam sebuah laporan. Laporan tersebut nantinya akan menjadi sebuah karya ilmiah dalam pembaharuan ilmu pengetahuan. Akan tetapi tidak semua orang dapat membaca dan memahami hasil dari sebuah laporan penelitian tersebut. Pembaca lebih menyukai karya tulisan yang ringan dan mudah untuk dipahami.

Disinilah peran dari sebuah artikel ilmiah. Artikel ilmiah banyak digunakan untuk melaporkan jalannya sebuah penelitian, mulai dari latar belakang masalah hingga hasil penelitian tersebut. Lalu bagaimana cara mudah dalam membuat sebuah artikel ilmiah?

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan artikel yang berisikan mengenai laporan suatu kegiatan penelitian atau hasil studi yang tertulis secara sistematis dan ilmiah. Artikel tersebut biasanya disajikan pada komunitas ilmiah tertentu, akan tetapi tidak menutup kemungkinan artikel ilmiah di publikasikan secara luas sebagai ilmu pengetahuan yang baru.

Dalam penulisannya, artikel ilmiah harus bersifat jujur, fakta, dan jelas. Sama halnya dengan jenis artikel lainnya, pemilihan kata dan kalimat harus ringan, padat dan mudah dimengerti oleh pembaca. Tujuan dari penulisan ini adalah dapat menyajikan hasil laporan yang mudah dimengerti dan diterima oleh masyarakat luas.

Laporan penelitian yang bersifat kaku, baku, dan memuat kosakata yang sulit dimengerti akan dikemas menjadi penulisan dengan kosakata ringan dan menggunakan kata yang ramah ditelinga pembaca.

Ciri-ciri Artikel Ilmiah

Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

a. Merupakan hasil dari penelitian, artikel ilmiah disusun berdasarkan proses dan hasil dari sebuah penelitian dan tidak bersifat karangan.
b. Terdiri dari bagian awal (pembuka/pendahuluan), isi (pembahasan), dan penutup (kesimpulan).
c. Bersifat objektif, informasi atau penulisan bersifat objektif dan sesuai dengan objek yang ditulis
d. Bersifat logis
e. Sistematis dan terstruktur
f. Bahasa dalam tulisannya ilmiah, baku dan tidak menimbulkan makna ganda atau ambigu.
g. Dikembangkan berdasarkan rujukan atau reverensi, harus menyantumkan rujukan yang dapat memperjelas data yang ditulis.

Langkah-langkah dalam Menulis Artikel Ilmiah

Menentukan Tema

Menentukan tema dalam sebuah artikel merupakan sebuah kewajiban. Sebelum menulis mulai menulis, tentukan tema terlebih dahulu. Tema yang dipilih bersifat ilmiah, logis, dan merupakan tema dari sebuah penelitian.

Setelah menentukan tema, selanjutnya adalah membuat judul. Pastikan judul dibuat sesuai dengan penelitian yang telah dilaksanakan. Hindari penggunaan kata ambigu dan memiliki kesan dibuat-buat, karena artikel ilmiah adalah artikel yang menyajikan tulisan berdasarkan data penelitian.

Membuat Kerangka Tulisan

Susunlah kerangka tulisan sebelum mulai menulis artikel anda. Kegunaan kerangka tulisan adalah supaya artikel yang ditulis tidak berbelit-belit dan sistematis sesuai dengan laporan yang akan dituliskan.

Kerangka tulisan membantu anda untuk mempermudah pengerjaan, dalam menyusun kerangka tulisan perhatikan hal-hal yang perlu anda cantumkan, sehingga hal penting dalam laporan tidak hilang dan dapat tersampaikan kepada pembaca.

Mulai Menulis

Setelah anda menentukan kerangka tulisan, langkah selanjutnya adalah menjabarkan kerangka tersebut kedalam tulisan artikel anda. Artikel ilmiah biasanya disertai dengan abstrak, kemudian pendahuluan. Pendahuluan berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metode penelitian yang digunakan.

Setelah pendahuluan, bab selanjutnya adalah pembahasan, isi dari pembahasan adalah penjabaran laporan penelitian. Jabarkan isi dari laporan penelitian kedalam beberapa sub bab sesuai dengan keperluan.

Langkah terakhir dalam isi artikel ilmiah adalah penutupan. Penutupan berisi kesimpulan dan saran yang ada dalam penelitian. Setelah penutup jangan lupa sertakan pula sumber referensi atau rujukan yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.