3 Lokasi Wisata Air Jawa Tengah Yang Paling Diminati
Wisata

3 Lokasi Wisata Air Jawa Tengah Yang Paling Diminati

Wisata air merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Mengunjungi tempat wisata air dan bermain bisa menjadi sarana hiburan untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan menyegarkan pikiran. Kita sudah tidak asing dengan tujuan wisata air di kota-kota besar seperti Dufan (Jakarta), Pantai Parang Tritis (Jogjakarta), dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan Jawa Tengah? Apa saja wisata air Jawa Tengah yang Anda ketahui? Jika ditanya tentang destinasi wisata Jawa Tengah, masih banyak orang yang hanya mengetahui daerah tertentu seperti Semarang, Solo, atau Magelang. Nah kali ini kita akan berkeliling di salah satu kabupaten yang mulai terkenal wisata airnya di Jawa Tengah, yaitu Boyolali. Yuk simak selengkapnya!

1. Air Terjun Kedung Goro

Terletak di Desa Bolo Kecamatan Wonosegoro, kawasan wisata ini tidak memiliki jam buka atau jam tutup. Hanya saja dari pagi sampai sore akan ada petugas parkir yang bisa membantu menjaga kendaraan Anda.

Untuk menuju air terjun, Anda harus memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan lalu menyeberangi sungai terlebih dahulu. Dasar air terjun yang berwarna kehijauan menjadi daya tarik wisatawan yang datang kemari. Meski berwarna dan menarik, wisatawan dilarang masuk ke dasar air terjun ini semenjak terjadi kasus tenggelamnya seseorang di kolam ini. Namun Anda masih bisa bermain air di aliran sungainya yang tak kalah menggiurkan.

2. Air Terjun Kedung Kayang

Meski secara administratif berlokasi di Magelang, namun secara geografis air terjun ini berada di dua wilayah yaitu Boyolali dan Magelang, lebih tepatnya Wonolelo Magelang dan Selo Boyolali. Menurut legenda, air terjun ini konon digunakan oleh tiga empu (orang sakti) untuk beradu kekuatan.

Wisata ini bisa Anda tempuh dalam waktu kurang lebih dua jam dari Solo. Dari tempat parkir, ada dua jalur menuju air terjun yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih satu jam, yaitu jalur atas dan jalur bawah.

Jika Anda lewat jalur atas, maka Anda dapat melihat air terjun dari atas dan begitu juga sebaliknya. Tenang saja, jalan menuju air terjun ini sudah dibangun sehingga mudah dilewati. Sambil jalan-jalan, Anda akan disuguhi pemandangan kebun yang berwarna-warni dari beragam jenis sayuran. Sesampainya di air terjun, Anda akan merasakan nikmatnya suasana alam dan suara aliran air terjun yang cukup deras. Anda bebas bermain air sepuasnya di sini.

3. Tlatar

Berlokasi di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali, Tlatar menjadi kawasan wisata air paling ramai karena sangat cocok untuk wisata keluarga. Di sini Anda bisa bermain air, memancing, berkeliling dengan ATV, mengadakan outbond, atau bersepeda dengan suasana asri dan sejuk. Ada rumah makan terapung yang menyuguhkan hidangan ikan dan lainnya.

Jalan-jalan pun akan terasa teduh karena banyak pepohonan rindang. Wisata air ini buka dari pukul 08.00 – 17.30 WIB. Pemandian yang airnya berasal dari dua umbul yaitu Asem dan Pengilon ini dijadikan tempat padusan atau adat pembersihan diri menjelang bulan puasa.